Welcome to Noval Incorperated!. Find interesting things and more !

Sabtu, 01 Maret 2014

Lockitron - Teknologi Terbaru Untuk Kunci Rumah

Pada era yang semakin modern ini, segala hal dapat dilakukan dengan sangat mudah dan cepat. Kekuatan komunikasi dan jaringan internet sangat membantu dalam melakukan aktivitas sosial. Kedua kata tersebut juga sudah semakin akrab dengan masyrakat, membuat gaya hidup masa kini tidak akan terlepaskan dari yang namanya gadget. Gadget kini tidak hanya canggih tetapi sudah memasuki kategori "pintar”. Tidak heran jika kini bertebaran peralatan-peraltan yang dibubuhi kata pintar atau smart. Hal tersebut juga berlaku untuk sebuah teknologi terbaru kunci pintu rumah, "smartkey” ? Let's see.
Adalah Lockitron, sebuah produk menarik yang dapat membantu bagi sebuah keluarga yang sering berpergian. Lockitron merupakan teknologi terbaru kunci pintu rumah yang di dalamnya sudah ditanami teknologi canggih yang memungkinkan kita bisa mengontrolnya dari jarak jauh. Tidak ada lagi cerita Anda lupa kombinasi angka dalam membuka sebuah pintu atau Anda tidak perlu repot ke tukang kunci duplikat hanya untuk memperbanyak kunci rumah Anda. Lockitron bisa menjadi solusi karena dengan alat ini membuka pintu dapat dilakukan dari mana saja.
Sebagai sebuah kunci pintu rumah yang modern, Lockitron telah dilengkapi konektivitas Wi-Fi dan Bluetooth 4.0 yang berguna untuk selalu terhubung dalam jaringan internet.
Cara Kerja
Cara penggunaan Lockitron berbeda-beda tergantung pada perangkat seperti apa yang hendak digunakan. Cara kerjanya sendiri pada dasarnya cukup mudah dan simpel. Cukup Anda instal aplikasinya di smarphone Anda. Khusus bagi pengguna sistem operasi dari Apple, iOS, langkahnya hanya tinggal menghubungkan Lockitron dengan jaringan rumah. Tentu harus dipastikan pula bahwa kunci pintu rumah yang canggih ini terhubung dengan jaringan internet. Langkah selanjutnya adalah dengan membuat akun admin. Setelah itu masuk ke AppStore dan unduh aplikasi Lockitron. Langkah terakhir, jalankan aplikasi yang diunduh tadi dan masuk menggunakan akun admin, hasilnya kini pintu rumah dapat dikendalikan dari mana saja dan kapan saja.
Selain itu Lockitron memungkinkan penggunanya untuk membuka pintu hanya dengan melambaikan perangkat samrtphone Anda. Bagi pengguna Android yang memiliki NFC (Near Field Communication), cukup menghadapkan perangkat Anda di depan Lockitrone, pintu dapat dibuka dan dtutup seperti yang ingin Andaa kehendaki. Menariknya lagi, teknologi kunci pintu rumah pintar ini dapat dibuka kunci lewat sebuah pesan singkat atau SMS.
Fitur
Sebagai sebuah teknologi canggih, kunci pintu rumah daari Lockitron ini tentu memiliki fitur-fitur menarik. Perubahan password misalnya dapat dilakukan tanpa perlu mengganti alat Lockitron dengan yang baru. Selain itu terdapat pula penonaktifan. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk menonaktifkan Lockitron jika hal-hal tak diinginkan datang, misalnya dicuri atau hilang.
Fitur canggih lainnya yang terdapat pada kunci pintu rumah ini adalah adanya layanan pemberitahuan. Layanan ini bertugas untuk mengabarkan sesuatu semisal perlunya diisi ulang baterai Lockitron atau peringatan karena pintu belum dikunci. Kemudian jika ada tamu yang datang untuk mengetuk pintu, maka Lockitron akan memberitahukannya pada Anda. Fitur ini disebut fitur sensor ketukan.
Daya Tahan
Selain terdapatnya Bluetooth 4.0 dan WIFI, Lockitron dibekali dengan dua baterai AA yang tahan lama. Setidaknya daya tahan baterai tersebut akan bertahan sampai dua belas bulan. Tidak perlu khawatir jika para pengguna produk kunci pintu rumah ini tidak tahu kapan harus menggunakan baterai. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, akan ada pemberitahun dari aplikasi Lockitron jika memang baterai perlu diganti.
Simpulan
Dengan hadirnya alat ini tentu akan sangat membantu bagi mereka yang sering berpergian jauh. Tidak ada lagi cerita menyelipkan kunci pintu rumah di bawah pot tanaman. Berkat Lockitron, pintu rumah dapat dibuka meski Anda berada sangat jauh dengan cara memberikan akses ke orang yang diinginkan. Sayangnya alat ini bukan tanpa cela, karena ketergantungannya pada jaringan, alat ini akan sulit dibuka jika terjadi gangguan pada Wi-Fi atau Jaringan internet
Kunci pintu rumah ini sangat layak dibeli apalagi bagi mereka yang super hati-hati dalam menjaga barang berharga di dalam rumah. Lockitron secara resmi akan diluncurkan pada Mei 2013 ini. Disitusnya, perangkat ini sudah dapat dipesan dengan harga sekitar Rp. 1.300.000.[MER]

0 komentar:

Posting Komentar